Senin, 24 Oktober 2016

Mengubah Port Apache dan MySQL di XAMPP

Mengubah Port Apache

Mengubah port apache pada xampp TIDAK dapat dilakukan melalui XAMPP Control Panel, mungkin sobat pernah membuka menu config yang terletak di sebelah pojok kanan atas XAMPP Control Panel, namun seperti pada peringatan yang muncul, untuk mengubah port yang digunakan oleh XAMPP tetap harus melalui file konfigurasi.

Pada apache terdapat dua port yaitu port HTTP dengan nilai default 80 dan port SSL dengan nilai default 443. Ketika module apache dijalankan, maka secara otomatis juga akan mengaktifkan kedua port tersebut, dan untuk mengubah port HTTP, kita juga harus mengubah port SSL, jika tidak maka akan muncul pesan error.

Mengubah Port HTTP – Apache

Untuk mengubah port HTTP, buka file httpd.conf (file konfigurasi apache) yang terletak di direktori apache/conf  cari kata-kata Listen 80 dan ServerName localhost:80 kemudian ubah angka 80 menjadi angka port yang diinginkan, misal 7777
Cara Mengubah Port Apache Pada XAMPP - HTTP
dan
Mengubah Port Apache Pada XAMPP  - HTTP
Jika sobat menginstall apache dari software lain seperti WAMPP atau dari installer apache langsung, sobat dapat menyesuaikan lokasi file konfigurasinya yang pasti nama filenya adalah httpd.conf

Mengubah Port SSL – Apache

Untuk mengubah port SSL, buka file httpd-ssl.conf yang ada di folder apache\conf\extra, selanjutnya cari kata yang mengandung angka 443 (misal: Listen 443 dan ServerName localhost:443), ganti 443 dengan angka lain misal 444, kemudian simpan file terebut.
Mengubah Port SSL Pada Apache
Selesai.

Mengubah Port MySQL

MySQL memiliki port default 3306.
Sebagaimana port Apache, kita juga TIDAK dapat mengubah port MySQL melalui XAMPP Control Panel, untuk mengubahnya kita perlu untuk meng edit file konfigurasi MySQL.
Untuk mengubah port MySQL, buka file my.ini yang biasanya terletak di XAMPP/mysql/bin/my.ini, cari kata-kata yang mengandung angka 3306, misalL port = 3306, kemudian ganti angka 3306 dengan angka lain, misal 3307.
Cara Mengubah MySQL Port Pada XAMPP
Selesai.
Demilikan cara untuk mengubah port baik Apache maupun MySQL, semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Histats

Diberdayakan oleh Blogger.

Sponsor